Google Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 06 Januari 2011

Hasrat Untuk Berubah


Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin mengubah dunia.
Eiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah, maka cita-cita itupun agak ku persempit, lalu ku putuskan untuk mengubah negeriku.
Namun tampaknya hasrat itupun tiada hasilnya.
Ketika usia ku semakin senja dengan semangatku yang masih tersisa, ku putuskan untuk mengubah keluargaku, orang-orang yang paling dekat denganku. Tetapi celakanya mereka pun tak mau dirubah.
Dan kini, sementara aku berbaring saat ajal menjelang, tiba-tiba aku sadari;
“andaikan yang pertama-tama ku ubah adalah diriku, maka dengan menjadi diriku sendiri menjadi panutan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku. Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka, bisa jadi aku pun memperbaiki negeriku. Kemudian siapa tahu aku bisa mengubah dunia.”

Terukir di sebuah makam di Westminster Abbey, Inggris 1100 M